Histori Bisnis PT Luwes Inovasi Mandiri



PT Luwes Inovasi Mandiri (LUWES) didirikan oleh Dr Parluhutan Manurung pada tahun 2014. Pada awal berdirinya LUWES merupakan perusahan penyedia sensor pemantau tinggi muka air. Sebuah perangkat pemantau untuk mengukur ketinggian air laut, sungai, bendungan, dam yang bekerja mengirimkan data secara online dan realtime.

Pada awal berdirinya, LUWES berhasil mengembangkan solusi sistem pemantau tinggi muka air dalam negeri, yakni Stasiun Pemantau Tinggi Muka Air untuk pasang surut maupun sungai. Rilis perdananya diaplikasikan lebih di 50 lokasi pelabuhan untuk mendukung keberadaan Tol Laut yang menjadi program pemerintah 2016, melalui Pushidrosal TNI-AL dan Kementerian Perhubungan. 

Alat tersebut memanfaatkan sensor ultrasonik dari hasil kerjasama dengan perusahaan asal Amerika dan China. Dalam pengembangannya, alat juga menggunakan sensor pressure gauge, hasil kerjasama dengan perusahaan Swiss dan China. Dengan adanya sensor tersebut alat  dapat diaplikasikan untuk pemantauan muka air tanah di lahan gambut maupun sumur. 

Saat ini, alat tersebut berhasil diintegrasikan dengan berbagai sensor, untuk pemantauan cuaca yang mampu mengukur parameter suhu, curah hujan, kecepatan angin, kelembapan dan tekanan udara.

Pada tahun 2018, LUWES membangun lini produk baru dengan mengembangkan perangkat pengukuran posisi. Produk ini dirancang memiliki akurasi tinggi melalui penyediaan sistem GNSS dalam alat GNSS receiver dan Mobile CORS.
 
Kedua alat ini merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan asal Amerika, Taiwan dan China dengan produksi dalam negeri. Sistemnya dirancang mampu mendukung survei lokasi secara online dengan akurasi hingga 2 centimeter. Alat tersebut sukses mendukung program pemerintah melalui pengukuran lahan dan pemetaan bidang serta survei di area industri dan perumahan.

Mengikuti peningkatan pembangunan infra-struktur di Indonesia, Luwes juga menyediakan pengukuran kondisi struktur melalui sistem Structural Health Monitoring. Sistem dibangun dengan menggunakan alat dengan akurasi dan presisi yang tinggi melalui kerjasama dengan perusahaan asal German dan Amerika. Integrasi sistem membuat alat yang terpasang pada infrastruktur seperti jembatan, gedung dan terowongan dapat terpantau secara real-time di monitoring room. Sistem tersebut telah dipergunakan oleh Kementerian PUPR dan PT MRT Jakarta untuk memantau infrastruktur pada jembatan dan terowongan.

Tahun 2020, Luwes Solusi Spasial didirikan sebagai anak perusahaan yang fokus pada Solusi Building Information Modeling. Pada tahap awal, solusi yang disediakan melalui perangkat 3D Laser Scanner perangkat mobile laser scanner yang ringan dan mudah dibawa bermerek Paracosm. Perangkat asal Amerika ini mampu menghasilkan data points cloud yang dapat dijadikan dasar pembuatan 3D modeling dan as built drawing.

Di tahun yang sama, saat pandemi Covid 19, Luwes berhasil meluncurkan Promithevo, perangkat realtime monitoring yang dirancang dengan berbagai keunggulan dan lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan oleh pengguna di berbagai sektor. Promithevo diluncurkan pada Dseember 2020, menyusul terpilihnya produk tersebut sebagai 1st Winner Design Concept pada IGDS Award 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian. 

Pada masa pandemi di tahun 2021  PT Luwes Inovasi Mandiri memiliki 6 lini produk yang telah dikembangkan menjadi unggulan perusahaan, yakni;  

- Water Monitoring System
- Weather Monitoring System
- GNSS Deformation
- Structural Health Monitoring
- Machine Condition Monitoring
- 3D Laser Scanner

Dengan keenam lini produk yang dimiliki saat ini, PT Luwes menegaskan diri sebagai 'Solution Based Company' yang merespon lebih cepat berbagai kebutuhan pelanggan.*