Pemasangan Stasiun Pasut di Bendungan Katulampa

Pemasangan Stasiun Pasut di Bendungan Katulampa
Pelaksanaan instalasi stasiun Pasut di bendungan Katulampa dilakukan pada Kamis, 27 Desember 2018. Pemasangan tersebut atas prakarsa PT Mitratel (anak perusahaan PT Telkom) bekerja sama dengan PT Luwes dan Pihak Bendungan Katulampa. Kegiatan pemasangan tersebut dimulai sekitar pukul 09:00 pagi oleh Tim Luwes. 

Saat memulai pelaksanaan instalasi Tim Luwes menemukan kendala terkait ketersediaan sumber daya listrik di lokasi terdekat. Pada akhirnya kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan kabel sepanjang 50 meter. 

Pada pukul 11:00 Tim Luwes sudah bisa memulai pengeboran untuk menanam dynabolt dan memasang tiang. Disusul dengan pemasangan panel surya dan panel box dapat diselesaikan pada pukul 13:00. 

Sebelum dilakukan pemasangan peralatan stasiun pasut tersebut, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan survei yang dilakukan pada pukul 09:30 dengan meninjau titik-titik lokasi pemasangan yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk lokasi sumber listrik.

Walaupun PT Mitratel berencana melakukan pemasangan pada titik lokasi yang sama dengan titik yang telah ditentukan sebelumnya bersama PT Luwes sebelumnya. Namun dikarenakan area lokasi yang sempit, dan secara teknis sulit untuk dilakukan pemasangan. Pada akhirnya disepakati, untuk pemasangan dilakukan pada pilar kedua bendungan yang lokasinya bersebelahan dengan titik lokasi sebelumnya.

Pada kegiatan survei di hari itu, Pihak PSDA dan Pos Pantau Katulampa telah memberikan secara lisan untuk dilakukan pemasangan tiang Pasut dengan menggunakan dynabolt.

Untuk pemasangan Pasut tersebut juga telah mendapatkan izin secara lisan penggunaan listrik. Untuk pelaksanaan instalasi Pasut, telah disepakati mulai pukul 09.00 dan didamping oleh petugas pos pantau Katulampa dan tim dari PT Mitratel.

erw/lwsxii/2018